PROPOSAL MAGANG PTPN SEMARANG

PROPOSAL KEGIATAN MAGANG
DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX BELIMBING
JAWA TENGAH
Hasil gambar untuk logo umy
MANAJEMEN PRODUKSI BUDIDAYA TANAMAN KARET DI KEBUN BELIMBING PEKALONGAN,
JAWA TENGAH

Disusun oleh :
Muhammad Ghulam Perdana
20150220133


PROGAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2017/2018


            Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala rahmat, nikmat, dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyusun proposal kegiatan magang kerja di PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX. Magang kerja merupakan salah satu syarat wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa dalam progam studi Agribisnis UMY. Kegiatan magang ini merupakan merupakan praktek lapang yang lasung dilakukan oleh mahasiswa. Tujuan dari kegiatan magang kerja ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan praktek kerja langsung dengan baik, dapat bekerja sama dengan tim kerja, dan dapat menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dibangku perkuliahan
            Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing, serta memberikan arahan dalam pemilihan perusahaan hingga pada tahap penyusunan proposal magang kerja.  Kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam penyusunan proposal magang kerja ini. Maka dari itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat kami butuhkan sebagai bahan evaluasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di masa yang akan dating. Harapan kami dengan adanya proposal magang kerja ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.


PROPOSAL KEGIATAN MAGANG
DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX SEMARANG
JAWA TENGAH



JUDUL
MANAJEMEN PRODUKSI BUDIDAYA TANAMAN KARET DI KEBUN BELIMBING PEKALONGAN,
JAWA TENGAH


Disusun oleh :
Muhammad Ghulam Perdana
20150220133



Telah disetujui dan disahkan sebagai Proposal Magang
pada tanggal 20 Januari 2018

Yogyakarta, 20 Januari 2018

Mengetahui                                      
Komisi Magang                                                         




Muhammad Fauzan, S.P, M.Sc.                    NIK : 19890718 201507 133 059




A.    Latar Belakang
        Peranan sector pertanian di negara berkembangyang berbasis agraris seperti Indonesia sangatlah penting. Sector pertanian merupakan salah satu sector yang mendapatkan perhatian besar karena peranan sector tersebut sangat penting bagi pembangunan perekonomian negara Indonesia. Selain itu, peran sector pertanian adalah sebagai sumber penghasil bahan kebutuhan pokok, sandang, dan papan, penyediaan lapangan kerja, penyumbang pendapatan nasional negara serta memberikan devisa bagi negara.
     Karet merupakan salah satu komoditi pertanian yang penting, baik untuk lingkup internasional dan terutama Indonesia. Di Indonesia merupakan salah satu hasil pertanian terkemukan karena banyak menunjang perekonomian Negara. Luas lahan karet yang dimiliki Indonesia mencapai 2,7 – 3 juta hektar. Ini merupakan lahan karet terluas didunia.
     Karet (termasuk karet alam) merupakan kebutuhan yang vital bagi kehidupan manusia sehari – hari, hal ini terkait dengan mobilitas manusia dan barang yang memerlukan komponen yang terbuat dari karet seperti ban kendaraan, conveyor belt, sabuk transmisi dan lain sebagainya. Kebutuhan karet sintetik relative lebih mudah dipenuhi karena sumber bahan baku relative tersedia walaupun harganya mahal, akan tetapi karet alam dikonsumsi sebagai bahan baku industry tetapi diproduksi sebagai komoditi perkebunan. Menurut perkiraan internasional Rubber Study Group (IRSG), diperkirakan akan terjadi kekurangan pasokan karet alam pada periode dua decade ke depan. Hal ini menjadi kekuatiran pihak konsumen, terutama pabrik – pabrik ban.
PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertanian dari hulu sampai hilir. Perusahaan ini memproduksi berbgaia macam tanaman tahunan, diantaranya kopi, karet, kakao. The, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam rangka pembelajaran baik terkait teknologi maupun manajemen produksi, PT. Perkebunan Nusantara IX sangat sesuai untuk kegiatan magang


1.      Tujuan Umum
·         Mampu menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan kedalam pelaksanaan kegiatan magang kerja.
·         Memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa untuk mengenal dunia kerja.
·         Mahasiswa belajar mengintegrasikan diri dan diharapkan mampu bekerja sama dalam tim, dengan cara mempelajari situasi dunia kerja dan  mampu berkomunikasi dengan baik antar staf dan pekerja lingkungan PTPN IX SEMARANG yang sangat berguna bagi mahasiswa dimasa depan
·         Memberikan ketrampilan kerja bagi mahasiswa terkait dengan pelaksanaan kegiatan kerja di perusahaan.
·         Perusahaan dapat mengetahui dan memahami kompetisi serta pola pikir mahasiswa yang melakukan kegiatan magang kerja dalam menyelesaikan suatu permasalahan diperusahaan, sehingga dapat dijadikan referensi perusahaan dalam mencari tenaga kerja baru.
2.      Tujuan Khusus
Mengetahui Manajemen produksi budidaya tanaman karet pada Kebun Belimbing Pekalongan, Jawa Tengah.
Kegiatan magang dapat memperluas pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa di bidang Agribisnis khususnya Manajemen Produksi Budidaya Tanaman Karet pada Kebun Belimbing Pekalongan, Jawa Tengah.
1.      Bagi Instalasi
·         Dapat membantu tugas staff di PTPN IX SEMARANG.
·         Dengan adanya mahasiswa yang melakukan magang di perusahaan, dapat dijadikan referensi dalam merekrut tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing.
·         Dapat menjalankan fungsi sosial terutama dalam pendidikan dan pembinaan tenaga kerja
2.      Bagi Mahasiswa
·         Memiliki gambaran tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
·         Mengetahui Manajemen Produksi Tanaman karet pada Kebun belimbing pekalongan, Jawa Tengah.
·         Memiliki gambaran sikap dan sifat yang harus dimiliki dalam dunia kerja sehingga dapat membentuk pribadi lebih professional dalam dunia kerja maupun keseharian.
·         Lebih terlatihnya keterampilan yang harus dimiliki sebagai bekal dalam menghadapi persiapan dunia kerja.
3.      Bagi Universitas
·           Dapat mensosialisasikan perannya dalam mensukseskan program pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya.
·           Memberikan gambaran secara nyata tentang dunia kerja saat ini kepada mahasiswa.
·           Meningkatkan hubungan kerjasama yang baik antara Fakultas Pertanian Universitas Muhammmadiyah Yogyakarta dengan PTPN IX SEMARANG.


A. Sejarah PT. Perkebunan Nusantara IX
PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) didirikan pada tanggal 11 Maret 1996 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 1996 tanggal 14 Februari 1996, merupakan peleburan dari PT. Perkebunan XV-XVI dan PT. Perkebunan XVIII. Pendirian PT. Perkebunan Nusantara IX  (Persero) tersebut tertuang pada Akta Notaris Harun Kamil, S.H. nomor 42 tanggal 11 Maret 1996, yang disahkan oleh Keputusan Menteri Kehakiman Nomor C2-8337.HT.01.01.TH.96 tanggal 8 Agustus 1996, diubah dengan Akta Notaris Sri Rahayu Hadi Prasetyo, S.H. No.1 tanggal 9 Agustus 2002 dan disyahkan oleh Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Nomor: C-19302 HT.01.04.TH.2002 tanggal 7 Oktober 2002.
Pada tanggal 2 Oktober 2014, Menteri BUMN Dahlan Iskan meresmikan Holding BUMN Perkebunan yang beranggotakan PTPN I, II, IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, XI, XII, XIII, XIV dengan PTPN III sebagai induk Holding BUMN Perkebunan. Dengan Resmi terbentuknya Holding Perkebunan, PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) berubah nama menjadi PT. Perkebunan Nusantara IX.
PT. Perkebunan Nusantara IX memiliki dua divisi. Pertama, Divisi Tanaman Tahunan yang membudidayakan dan menghasilkan produk- produk dari tanaman karet, kopi,dan teh. Kedua, Divisi Tanaman Semusim (Pabrik Gula) yang menghasilkan produk-produk dari tanaman tebu. Produk-produk PT. Perkebunan Nusantara IX dipasarkan di pasar domestik maupun pasar luar negeri sebagian besar dalam bentuk bulk. PT. Perkebunan Nusantara IX juga memproduksi dan memasarkan produk-produk hilir berupa teh kemasan, teh celup, serta gula pasir dan kopi bubuk dalam kemasan.
Selain usaha pokok tersebut di atas, PT. Perkebunan Nusantara IX juga mengelola komoditi sampingan seperti pala, kelapa dan horticultura dalam luasan areal yang terbatas serta agrowisata di Kebun Banaran, Kebun Semugih, Kebun Balong dan Kebun Kaligua. Agrowisata Kebun Banaran dilengkapi dengan Coffee Shop ”Kampoeng Kopi Banaran”. Coffee Shop dengan bahan baku berasal dari kopi Banaran juga didirikan di Cikukun, di PG Gondang Baru, Kebun Krumput dan diperluas di tempat-tempat lain yang potensial; Wisata Loco Antik di PG Pangka serta wisata sejarah dan Museum Gula di PG Gondang Baru dan PG Tasikmadu.
B. Visi dan Misi PT. Perkebunan Nusantara IX
Visi PT Perkebunan Nusantara adalah: “Menjadi perusahaan agribisnis yang berdaya saing tinggi dan tumbuh berkembang Bersama mitra”.
Misi PT. Perkebunan Nusantara adalah sebagai berikut :
1)      Memproduksi dan memasarkan produk karet, teh, kopi, gula dan tetes ke pasar domestik dan internasional secara profesional untuk menghasilkan pertumbuhan laba (profit growth) dan mendukung kelestarian lingkungan.
2)      Mengembangkan cakupan bisnis melalui diversifikasi usaha, yaitu produk hilir, wisata agro, dan usaha lainnya, untuk mendukung kinerja perusahaan.
3)      Mengembangkan sinergi dengan mitra usaha strategis dan masyarakat lingkungan usaha untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.
  
A. Waktu dan Tempat
     Program magang ini akan dilaksanakan di Kebun Belimbing Pekalongan PT. Perkebunan Nusantara IX Jawa Tengah. Waktu pelaksanaan kegiatan magang selama 50 hari kerja, mulai 17 September sampai 13 November 2018.
B. Metode Pelaksanaan
Pelaksanaan magang ini menggunakan berbagai metode diantaranya yaitu:
1.      Metode Peran Serta
Metode peran serta adalah kegiatan yang akan dilaksanakan dengan melibatkan diri dalam kegiatan yang dilaksanakan di kebun belimbing pekalongan PT. Perkebunan Nusantara IX, menerima tugas dari pimpinan atau asisten seperti halnya karyawan pada umumnya di bawah pengawasan pimpinan atau asisten, dan bertanggung jawab atas segala yang dilakukan.
2.      Metode Observasi dan Wawancara
        Observasi dan wawancara dilakukan dengan pengamatan dan pengajuan pertanyaan langsung kepada pimpinan, karyawan atau tenaga kerja di kebun belimbing pekalongan PT. Perkebunan Nusantara untuk mendapatkan data-data primer.
C. Rencana Kerja
Kegiatan magang akan dilaksanakan pada 17 September 2018 dan akan berakhir pada 13 November 2018. Adapun rencana kerja yang diajukan adalah sebagai berikut :
No
Kegiatan
Bulan September (Minggu ke-)
Bulan Oktober (Minggu ke-)
Bulan November (Minggu ke-)
III
IV
I
II
III
IV
I
II
1
Pengenalan Umum Perusahaan
X







2
Budidaya Tanaman Karet di kebun belimbing pekalongan


X
X
X
X


3
Panen





X


4
Bimbingan Laporan Magang



X
X
X
X

5
Ujian Magang







X
  
Demikian proposal kegiatan magang yang telah dibuat sebagai permohonan untuk melaksanakan kegiatan magang di kebun belimbing pekalongan PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX, JAWA TENGAH. Semoga dengan adanya pembuatan proposal magang ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan magang, sehingga kegiatan magang di kebun belimbing pekalongan PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX, JAWA TENGAH dapat terarah dan terlaksana dengan baik. Besar harapan kami, pihak PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX SEMARANG, JAWA TENGAH dapat membimbing kami dalam aktivitas kerja yang akan dilakukan. Atas kesediaan bimbingan dan kesempatan yang telah diberikan, kami mengucapkan banyak terima kasih pada pihak – pihak yang bersangkutan.
  
Lampiran 1. Curriculum Vitae

Data Pribadi
NAMA                                                : MUHAMMAD GHULAM PERDANA
TEMPAT, TANGGAL LAHIR         : KLATEN, 12 MARET 1997
NO HP                                                : 082325683325
EMAIL                                               : ghulamperdana11@gmail.com
MOTO HIDUP                                   : BERUSAHA MENJADI YANG LEBIH BAIK.
RIWAYAT PENDIDIKAN
2002                                                    : TK ABA GADING 1 KLATEN UTARA
2003-2009                                           : MIM GADING 1 KLATEN UTARA
2009-2012                                           : SMPN 4 KLATEN
2012-2015                                           : SMAN 3 KLATEN
2015-SEKARANG                            :UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH Yogyakarta.
IPK                                                     : 3,78
  

PENGALAMAN ORGANISASI
1.      ANGGOTA DEWAN PENGAWAS KELUARGA MAHASISWA KLATEN (KMK) UMY 2016-SEKARANG.
2.      ANGGOTA KELUARGA MAHASISWA KLATEN (KMK) UMY 2015-2016.
3.      ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) BULU TANGKIS UMY 2015/2016
4.      ANGGOTA PENGURUS FUTSAL SMAN 3 KLATEN 2015.

PENGALAMAN PELATIHAN
1.      LATIHAN PELAKU USAHA SE-RANTING BELANG WETAN, KLATEN UTARA 2017.

PENGALAMAN KEPANITIAAN
1.      DIVISI KEWIRAUSAHAAN KELUARGA MAHASISWA KLATEN (KMK) UMY 2017.
2.      DIVISI KONSUMSI MAKRAB KELUARGA MAHASISWA KLATEN (KMK) UMY 2016.
3.      DIVISI PDD GEBYAR EXPO PELAJAR SMA KLATEN 2016.





Komentar

  1. Casinos Near Harrah's Resort and Casino - Mapyro
    Mapyro provides real-time driving 이천 출장안마 directions 춘천 출장샵 to 속초 출장마사지 casinos and other places 세종특별자치 출장마사지 to stay, harrah's ryu casino and hotel casino 춘천 출장샵 and riverwalk hotel.

    BalasHapus

Posting Komentar